Data mining (penggalian data) adalah pengolahan informasi tentang pelanggan atau kelompok pelanggan dari sebuah data warehouse (gudang data) untuk pemasaran atau tujuan lainnya.

Pengertian Lainnya :

Menurut Pramudiono (2006) – pengertian data mining adalah adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual.

Menurut Larose – data mining adalah bidang yang digabung dari beberapa bidang keilmuan yang menyatukan teknik dari pembelajaran mesin, pengenalan pola, statistik, database, dan visualisasi untuk pengenalan permasalahan pengambilan informasi dari database yang besar.

Menurut Jiawei – bahwa data mining merupakan pemilihan atau “menambang” pengetahuan dari jumlah data yang banyak.

Menurut Berry – definisi data mining adalah aktivitas mengeksplorasi dan menganalisis data jumlah yang besar untuk menemukan pattern (pola) dan rule (aturan) yang berarti.

Menurut Hoffer dan McFadden – mengemukakan bahwa pengertian data mining adalah penemuan pengetahuan dengan menggunakan teknik-teknik yang tergabung dari statistik, tradisional, kecerdasan dan grafik komputer.

Menurut Turban, dkk. (2005) – pengertian data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan mesin learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait berbagai database besar (baca pengertian database).