Memahami kewirausahaan, potensi diri sendiri, dan mental merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan tentang pemahaman modal usaha:Memulai usaha dari paling bawah yang relatif.
Tidak perlu harus mengeluarkan uang banyak atau modal besar di saat kita memulai usaha. Memang tidak semua berjalan lancar pasti kita akan menemui hambatan. Kuncinya ialah jangan menyerah bila kita menemui hambatan dan segera bangkit dengan modal baru yang masih anda miliki saat ini. Kesabaran merupakan hal penting dalam langkah merintis usaha.

Gunakanlah Modal
Gunakan dana anda secukupnya dan sisanya anda tabung untuk mengantisipasi jika anda menemui hambatan. Setidaknya dengan merintis usaha anda, anda telah mempunyai cadangan dana bila mana anda perlukan untuk pengeluaran bulanan anda dan perlu pemahaman yang cukup bila kita merintis usaha tidak bisa langsung sukses. Butuh waktu untuk menjadi usaha sukses, tidak cukup hanya hitungan bulanan atau bahkan setahun langsung sukses.

Masalah dana juga harus diperhatikan.
Fokuskan dana anda pada hal-hal yang menurut anda sangat diperlukan dalam usaha anda, misal: bila kita membeli barang dagangan pastikan semua telah terhitung pas dalam kebutuhan usaha anda. Tujuan itu semua agar pengeluaran dan pendapatan anda bisa seimbang. Bila anda bisa menjaga keseimbangan pengeluaran anda, usaha anda pasti akan tumbuh dengan optimal.

Berjalan atau tidaknya usaha anda, itu semua tidak mungkin bila anda harus sendiri yang mengerjakan.
Anda pasti juga akan membutuhkan seorang karyawan untuk bisa melayani konsumen anda dengan baik dan cepat. Mungkin tugas anda hanya menjaga keuangan dan administrasi. Itu saja belum cukup, mengatur keuangan usaha sendiri jika memang belum berpengalaman memang sangat susah dan ribet. Mungkin anda bisa mengajak keluarga, saudara anda atau bila perlu kerabat dekat anda, dan yang penting bisa anda percaya untuk membantu anda mengatur keuangan usaha anda.

Pastikan dulu potensi diri anda.
Bila anda ingin merintis usaha, kira-kira usaha apa yang cocok untuk diri anda anda. Tidak ada salahnya bila anda ingin berpatneran dengan kerabat-kerabat terdekat anda untuk membantu perkembangan usaha anda.