Usaha sampingan tidak harus dengan modal besar dan sewa tempat. Usaha sampingan bisa di kerjakan di rumah dan tidak perlu dengan modal besar. Berikut usaha-usaha sampingan yang lumayan dan cukup untuk mengisi waktu luang anda, diantaranya:

1. Makelaran

Bagi yang mudah bergaul serta pandai berbicara, menjadi seorang makelar sangat tenang karna tidak harus terikat dengat waktu. tugas seorang memang sangat melelahkan terkadang anda harus kesana-kemari mengambil barang atau menawarkan barang yang akan kita jual kepada pembeli. Itung-itung mengisi waktu luang anda. Anda optimalkan waktu luang anda untuk menghasilkan uang, daripada waktu luang terbuang sia-sia.

Menjadi seorang makelar meliputi sebagai berikut: makelar sepeda motor, makelar mobil, makelar tanah, makelar handphone atau makelar rumah.

2. Beternak ayam

Mungkin sangat sepele jika mendengar kata ternak, tapi jika anda tahu bahwa potensi beternak bisa membuat anda sukses pasti anda akan tergiur untuk mencoba memulai usaha sampingan ini. Beternak cukup mudah anda hanya perlu rutin dalam merawatnya membari makan dan minum setiap hari, di pagi hari dan sore hari, dan juga perawatan seperti vitamin dan lain-lain dapat anda lakukan seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Beternak ayam cukup banyak macamnya, anda dapat beternak ayam kampung, ayam serama, ayam potong, dan ayam petelur semua itu tergantung selera ayam yang anda di inginkan.

3. Jasa Mengetik Artikel

Usaha ini juga dibilang sangat lumayan untuk dijadikan sebuah usaha sampingan. Mengingat waktu yang dikerjakan tidak harus menggangu aktifitas anda sebagai karyawan/karyawati. Jasa Mengetik Artikel saat ini memang sangat dicari, dimana di dunia internet semakin banyak orang-orang yang membutuhkan berita, cerita, tips-tips dan lain-lain.

Yang wajib diperhatikan jika anda ingin menjadi Jasa Mengetik Artikel: pertama harus punya computer/laptop di rumah, kedua menguasai Microsoft Word, ketiga pandai mengarang dan berimajinasi.

4. Laundry

Usaha yang satu ini bisa di bilang sangat menjanjikan. Jika anda benar-benar tekun pasti anda akan menjadi sukses, karna usaha laundry bisa anda lakukan dirumah anda sendiri.Anda juga harus benar-benar memperhatikan kebutuhan konsumen, dengan memberikan harga yang murah, pelayanan cepat dan bersih. Jika anda ingin mengembangkan usaha Laundry anda, anda harus berani menawarkan jasa yang lainnya, misal setrika atau jasa sewa.

***

Semoga cara mendapatkan uang dengan usaha sampingan di rumah bermanfaat bagi anda.