Ilustrasi: Kenikmatan secangkir kopi.

Dewasa ini banyak sekali pengusaha yang bermunculan di Indonesia yang kita ketahui tidak hanya  pengusaha skala besar, tetapi juga pengusaha dengan skala menengah maupun pengusaha dengan skala kecil. Untuk mendapatkan peluang dan kesempatan berbisnis, terkadang terasa sulit bagi sebagian pengusaha. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, contohnya adalah bahwa seseorang berfikir mereka masih dalam tahap belajar dan belum begitu mahir dalam usahanya saat ini. Ada pula seseorang yang berfikir usahanya terlalu kecil sehingga sulit untuk mencapai omset yang ditargetkan.

Bahkan ada pula pengusaha yang masih bingung dengan bisnis apa yang akan dijalankannya.Banyak sekali ide bisnis yang bisa digunakan seorang pengusaha dengan sistem mereka masing-masing. Ada bisnis furniture (rumah, tanah, perabotan interior, dll), bisnis publishing (buku, koran, dll), bisnis kuliner (bisnis bakso, bisnis restoran daging kambing, dll) dan bisnis lainnya. Namun, sering seorang pengusaha menemui kendala yang sangat umum. Salah satunya yaitu kendala modal awal untuk memulai bisnis mereka. Maka dari itu, pada artikel kali ini mari kita membahas tentang salah satu kategori bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu banyak, yaitu bisnis kuliner.

Sebelumnya, mari sedikit kita bahas tentang perkembangan bisnis kuliner. Semakin pesatnya bisnis kuliner dikalangan pengusaha, membuat para pengusaha mengkaji ulang sistem penjualan mereka sehingga pengusaha tersebut akan menemukan point penting yang akan digunakan untuk sistem bisnisnya. Dengan sedikit polesan pada sistem itu, maka apakah hal ini dapat membantu seorang pengusaha mencapai omset tanpa melakukan hal sedemikian ribet? Jawabannya tentu saja iya!

Berikut salah satu bisnis kuliner yang pasti mencapai sukses meskipun tanpa melakukan hal-hal yang menyusahkan.

BISNIS KULINER MINUMAN KOPI

Mendengar kata coffe, apa yang ada pada benak kita? Ya, tentu saja kita akan membayangkan secangkir minuman yang mempunyai cita rasa tinggi, bahkan kita sering menikmatinya. Saat suasana dingin, pergi ke cafe/warung kopi dan menikmati segelas kopi yang hangat. Nah, tahukah Anda bahwa bisnis kopi ini tidak membutuhkan modal terlalu banyak dan proses yang ribet serta sistem yang sulit. Yang dibutuhkan oleh pengusaha warung kopi hanyalah air panas, biji kopi/sebungkus kopi dan cangkir/gelas. Hal ini berbeda jika pengusaha menambahkan alat lain dalam proses pembuatannya.

Dewasa ini banyak sekali penjual kopi yang kita temui. Di warung pinggir jalan, warung makan sederhana, cafe bahkan tempat hiburan yang biasanya terdapat warung-warung kecil juga menyediakan minuman jenis ini. Semakin pesatnya persaingan penjualan minuman ini, banyak pengusaha menuangkan kreatifitas mereka melalui minuman ini agar usahanya tetap berjalan lancar.

Mesin Pembuat Kopi, Bisnis Kecil Menjanjikan Keuntungan Besar

Bagaimana upaya para pengusaha untuk mencapainya? Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan memanfaatkan mesin pembuat kopi untuk bisnis mereka. Mengapa mereka memanfaatkan mesin kopi? Bukankah sudah ada kopi yang instan? Hal itu memang benar adanya. Namun, menggunakan mesin kopi bisa memberikan manfaat yang lebih daripada hanya mengandalkan kopi yang instan. Mesin kopi mampu membuat biji kopi menjadi minuman kopi dengan teknologi yang terdapat di dalamnya secara mudah, cepat dan higeinis. Para pengusaha kopi (termasuk Anda apabila akan bergelut di bidang ini) hanya perlu memasukkan biji kopi ke dalam mesin kopi, mengatur suhu dan air yang mana selanjutnya minuman kopi akan siap dihasilkan dan dihidangkan.

Manfaat lain dari mesin kopi adalah adanya kemampuan mesin membuat variasi topping untuk minuman kopi yang akan dihidangkan. Contohnya dengan mengatur suhu berbeda. Hal ini dapat membantu memberikan hiasan pada kopi dengan membentuk variasi gambar tetes di atas permukaan kopi. Ini tentu saja akan membuat penikmat kopi semakin tertarik dan melonjak naik jumlahnya.

Untuk selanjutnya bagaimana kita bisa menemukan mesin kopi tersebut? Banyak sekali pengusaha mesin yang memproduksi mesin kopi. Dengan berbagai model, varian serta kapasitas yang sama maupun berbeda diproduksi oleh para pengusaha tersebut. Namun, tetap saja ada tolak ukur kelebihan dan kekurangan dari mesin tersebut. Salah satu contoh toko mesin yang men-jual mesin kopi adalah toko mesin “Mesin Raya”.

Ada banyak usaha yang membutuhkan modal sedikit dan itu tadi hanya salah satu contoh bisnis kuliner yang bermodal sedikit dan sangat laku dipasaran. Jika Anda berminat silahkan mecobanya.  Sebuah usaha akan sukses bukan karena produk yang akan ditawarkannya, namun dari diri Anda terlebih dahulu yang harus mempersiapkan mental persaingan di dunia bisnis.
Semoga artikel ini bermanfaat! Salam sukses pengusaha sukses!