Perusahaan Chevron Pacific Indonesia (disingkat CPI) merupakan anak perusahaan dari Chevron asal Amerika Serikat yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia. CPI merupakan perusahaan minyak kontraktor terbesar di Indonesia, yang mampu memproduksi minyak sebanyak 308.523 barel per hari (bph) dan menyumbangkan sekitar 40 persen produksi nasional.

Jumlah Karyawan

Jumlah karyawan CPI saat ini terdiri lebih dari 6.400 karyawan handal dan lebih dari 30.000 karyawan mitra dimana lebih dari 97 persen karyawan adalah warga negara Indonesia.

Logo Chevron Pacific Indonesia

Sejarah

1924 – Langkah pertama Chevron di bidang eksplorasi dan produksi energi Indonesia dimulai. Standard Oil Company of California (Socal) dan Texas Oil Company (Texaco) membentuk sebuah perusahaan patungan di daerah Sumatera, bernama N.V. Nederlandsche Pacific Petroleum Maatschappij atau NPPM. Perusahaan ini menemukan sebuah sumur minyak non-produktif yang akhirnya ditutup.

1944 – ahli geologi NPPM, Richard H. Hopper dan Toru Oki bersama timnya menemukan sumur minyak terbesar di Asia Tenggara, Minas. Pada awalnya sumur ini bernama Minas No. 1. Minas terkenal dengan jenis minyak Sumatera Light Crude (SLC) yang baik dan memiliki kadar belerang rendah.

1950 – NPPM berubah nama menjadi Caltex Pacific Oil Company (CPOC), dan mulai melakukan ekspor minyak dari Minas, melalui Perawang. Sumur minyak barupun ditemukan di Duri, Bengkalis, dan Petapahan.

1960 – Nama Caltex kembali berubah menjadi Caltex Pacific Company (CPC).

1970 – Caltex mengubah kembali namanya menjadi PT Caltex Pacific Indonesia. Seiring semakin banyaknya sumur minyak yang ditemukan di daerah operasi Caltex, peta daerahpun dibuat. Peta daerah operasi ini biasa disebut Kangaroo Block, karena bentuknya yang seperti kangguru. Di luar Kangaroo Block, Caltex saat itu juga mengopeasikan daerah Coastal Plains Pekanbaru Block (CPP Block) dan Mount Front Kuantan Block (MFK Block).

1980 – CPI merasa memerlukan suatu terobosan untuk meningkatkan produksi minyak di ladang minyak Duri. Pada tahun ini dibangunlah proyek Sistem Injeksi Uap terbesar di dunia, yaitu Duri Steam Flood, yang diresmikan Presiden Soeharto pada pertengahan 1980an.

2005 – Caltex, sebagai anak perusahaan Chevron dan Texaco Inc. diakuisisi oleh Chevron bersama dengan Texaco dan Unocal. Maka, resmi nama PT Caltex Pacific Indonesia berubah menjadi PT Chevron Pacific Indonesia.

Bocoran Gaji di Chevron Pacific Indonesia

Mohon maaf, bocoran gaji di Chevron Pacific Indonesia saat ini belum tersedia. 

Lowongan Kerja di Chevron Pacific Indonesia

Mohon maaf, lowongan kerja di Chevron Pacific Indonesia saat ini belum tersedia.