Beberapa perusahaan terbesar memang memiliki pengaruh terhadap masyarakat. Di antara perusahaan terbesar tersebut, sebagian memang telah dirilis oleh lembaga resmi seperti Forbes. Hal tersebut tentunya sudah melalui perhitungan aset, nilai saham dan beberapa instrumen lain yang digunakan oleh lembaga tersebut. Dari hasil penelitian yang diperoleh, perusahaan pertambangan lah yang menjadi jawara sebagi perusahaan terbesar.

Berikut akan membahas perusahaan terbesar non perusahaan tambang yang ada di Indonesia. Beberapa hal yang digunakan sebagai tolok ukur yaitu kepopuleran produk, banyaknya aset, penyerapan tenaga kerja dan bisnis yang digeluti:

 PT Unilever Indonesia Tbk

Banyak orang tidak menyadari kehadiran perusahaan ini. PT Unilever merupakan perusahaan terbesar di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 5 Desember 1933 silam, memiliki berbagai produk dalam bidang makanan, minuman, kecantikan, dan beberapa kebutuhan rumah tangga lainnya. Produk PT ini pasti selalu dipakai dalam kehidupan rumah tangga. Perusahaan Unilever juga memiliki beberapa brand yang kita kenal, akan tetapi kita tidak menyadari bahwa kita menggunakan banyak produk yang dihasilkan dari perusahaan yang juga banyak menyerap tenaga kerja ini.

Bidang Perbankan : BCA, BRI, Mandiri

Dunia perbankan sudah pasti akan berurusan dengan uang. Hampir seluruh masyarakat mempercayakan uangnya untuk ditabung di bank. Apalagi kini banyak bank yang mempromosikan undian hadiah puluhan mobil untuk sekali pengundian. Penyerapan tenaga sudah pasti akan sangat banyak karena di tiap kota di Indonesia memiliki kantor cabang. Ketiga bank tersebut adalah paling luas pengelolaan aset.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Indofood lebih banyak memproduksi berbagai macam makanan dan minuman. Untuk makanan mereka memproduksi di bidang mie Instan dan makanan ringan. Sedangkan dalam produk minuman ada susu cair. Bisa dibanyangkan berapa banyak produk makanan dan minuman mereka produksi hingga memenuhi kebutuhan pasar seluruh Indonesia setiap harinya. Selain di dalam negeri, produk mereka juga merambah ke luar negeri.

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang memiliki lebih dari seratus juta pelanggan. Hampir setengah dari total penduduk di Indonesia menggunakan operator ini. Sebagi contoh nyatanya yaitu dalam satu keluarga pasti ada yang menggunakan layanan telekomunikasi yang mereka gunakan.

Bidang Industri Tembakau : HM Sampoerna, PT Djarum dan Gudang Garam

Fenomena merokok di Indonesia masih banyak kita jumpai. Ketiga produsen tersebut mempengaruhi devisa negara. Banyak even yang digelar di Indonesia untuk anak muda mendapatkan sponsor dari ketiga produsen rokok tersebut. Bukan hanya itu, bahkan kegiatan pesta olahraga pun menggandeng produsen tersebut sebagai sponsor mereka. Fakta lain yaitu kita lihat orang disekitar kita, masih banyak yang mengisap rokok di manapun.

Bidang Penerbangan : Lion Air dan Garuda Indonesia

Kedua maskapai penerbangan tersebut merupakan terbesar saat ini dimana mereka memiliki banyak armada yang memiliki tujuan penerbangan hampir keseluruh dunia. Mereka mampu menerbangkan ratusan penerbangan dalam setiap delay. Lion Air juga telah mendatangkan ratusan pesawat untuk melayani beberapa penerbangan beberapa waktu lalu.

PT Astra Internasional Tbk

Perusahaan ini bergerak dalam bidang otomotif yang kemudian berkembang ke jasa keuangan, agribisnis, alat berat, logistik, dan teknologi Informasi. Karena layanan kredit murah dan cepat masyarakat merasa diuntungkan dengan hal itu dan cukup banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki alat transportasi sendiri.

Info tersbut mungkin akan memberi pemahaman kita untuk menyikapi tentang penyediaan lapangan atau lowongan kerja, selain itu juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan negara Indonesia.